Rabu, 16 Februari 2011

The Forbidden City (Gugong)

Forbidden City.
Adalah imperial palace terbesar di dunia yang terletak di pusat kota Beijing. Kompleks istana dengan luas 720.000m2, dilengkapi oleh 980 bangunan dan lebih dari 8000 ruangan. Dibangun pada masa dinasti Ming sampai ke akhir periode dinasti Qing selama kurang lebih 12 tahun.

Menyusuri kompleks Forbidden City tidaklah mudah, karena kompleks ini begitu luas dan banyak sudut-sudut alley yang harus ditelusuri. Terkadang para turis lebih senang menelusuri jalur lurus saja. Padahal kalau kita mau menelisik sedikit ke gang-gang kecil di sayap kanan dan kiri bangunan-bangunan utama, akan kita temui beberapa mini museum yang sangat unik dan terlihat kuno.

Sore itu, kompleks Forbidden City terlihat sangat ramai, karena weekend. Sebagian besar turis yang datang adalah yang datang dari luar Beijing. Bahkan luar China. Turis Eropa banyak terlihat. Mereka sangat menyukai kebudayaan dan sejarah China. Namun, gerbang utama di tengah, tepat di bawah lukisan besar Chairman Mau Zedong saat itu ditutup untuk publik, sehingga pengunjung hanya bisa melewati gerbang dan lorong samping.

Forbidden City sangat terjaga kerapihan dan kebersihannya. Walau banyak yang berjualan dan membagikan brosur travel di area plaza tengah, namun masyarakatnya sadar akan kebersihan. Sebagai salah satu palace terbesar di dunia, buat saya Forbidden City adalah spot paling luar biasa dan bersejarah sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar