Rabu, 16 Februari 2011

Beijing, The Downtown


Tidak seperti ibukota di berbagai negara berkembang, Beijing adalah negara maju yang masyarakatnya sudah sadar akan kebersihan dan ketertiban. Walau masih banyak ditemukan public service, terutama toilet umum, yang terlihat jorok dan kotor, namun setiap sudut di jalan raya dan bangunan-bangunan memang sangat bersih dan tertata dengan rapi. Tata kota yang terbagi atas beberapa distrik membuat Beijing menjadi pusat kota yang mudah dimengerti untuk banyak traveler dari luar negeri.

Fasilitas transportasi yang bersih dan memadai adalah sebuah kebijaksanaan pemerintah Beijing untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Di Dhongcheng District tempat saya menetap banyak ditemukan penduduk yang melakukan mobilitas dengan sepeda. Ya, masyarakat China senang sekali bersepeda, sehingga tidak perlu takut walaupun harus bersaing dengan kendaraan bermotor di jalan raya.

Walaupun pusat kota Beijing adalah kota yang modern, namun daerah rural masih banyak terlihat. Walau bukan daerah slum yang kotor, daerah rural yang erlihat tradisional dengan bangunan khas China tetap tertata rapi. Gang-gang kecil banyak terdapat di sela-sela gedung-gedung perkantoran dan di sekitar area pariwisata. Tempat ibadat berupa vihara, klenteng, gereja, bahkan masjid tetap terjaga keutuhan bangunannya. Secara umum, Beijing adalah kota modern dengan percampuran budaya dan kebiasaan lama yang harmonis dan tertata rapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar